Komunikasi Massa


🀉 Apa itu komunikasi massa?

  proses komunikasi dengan menggunakan media cetak seperti media       cetak,radio,televisi, dan film.


Sifat komunikasi massa secara teknis yaitu, bersifat tidak langsung ( melalui media), bersifat searah(tidak interaktif), bersifat terbuka(tidak terbatas dan anonym) serta publikasinya secara geografis tersebar.



Ciri komunikasi massa yaitu, sifat pesannya terbuka dengan khalayak yang variatif, baik dari segi usia, agama,suku,pekerjaan, maupun dari segi kebutuhan. dalam komunikasi massa , komunikator dan komunikan serta komunikan relatif tidak saling kenal secara pribadi, anonim, dan sangat heterogen. komunikator dapat berbentuk organisasi (misalnya tim redaksi, LSM, dan lain sebagainya).


Ciri lain dari komunikasi massa adalah sumber dan penerima dihubungkan dengan saluran yang telah diproses secara mekanik. Sumber juga merupakan suatu lembaga atau institusi yang terdiri dari banyak orang, misalnya reporter penyiar, editor, teknisi, dan lain-lain. kKarena itu proses penyampaian pesannya lebih formal, terencana dan lebih rumit. 


⇘ Efek komunikasi massa



A. Efek kehadiran media massa menurut STEPHEN H.CHAFFI efek dalam 
   bentuk fisik meliputi :

  1. efek ekonomi
  2. efek sosial
  3. efek penjadwalan kegiatan
  4. efek penyaluran perasaan kehadiran media massa
  5. efek pada perasaan orang terhadap media

B. Efek media massa dilihat dari isi pesan

  1. Efek kognitif
    komunikasi massa tidak secara langsung menimbulkan perilaku tertentu tetapi cenderung mempengaruhi cara kita mengorganisasikan citra kita tentang lingkungan. citra inilah yang mempengaruhi cara kita berperilaku.

   2.Efek afektif

      media massa dapat menimbulkan rangsangan emosional pada khalayak, contoh  :

➧ karena menonton adegan sedih dalam film sejumlah penonton           mengeluarkan air mata
➧karena membaca kisah sejati dimajalah wanita, pembaca merasa haru

    3. Efek behavioral

         efek behavioral mengacu kepada perilaku khalayak pada tindakan dan gerakan yang tampak pada kehidupan sehari-harimeliputi pola tindakan. 
Contoh :
    ➧ media dapat mendorong sikap positif misalnya keberanian pada        masa anak - anak, tidak perlu takut datang ke dokter gigi dapat      membuat akan lebih berani berhadapan dengan dokter gigi.

⇘ Secara karateristik psikologi yang khas

     sistem komunikasi massa vs komunikasi interpersonal

  1. Pengendalian arus informasi
  2. Umpan balik
➞ komunikasi massa        : respon bisa dianggap zero feedback,                                  karena volumenya terbatas dan tertunda
➞ komunikasi interpersonal : respon mempunyai volume yang tidak                                   terbatas lewat berbagai saluran
     
  3. stimulasi alat indra

➞ komunikasi massa         : bergantung pada jenis media massa yang                               digunakan 
➞ komunikasi interpersonal : melalui seluruh alat indranya

  4. proporsi unsur isi dengan hubungan

➞ komunikasi massa         : unsur isi lebih penting
➞ komunikasi interpersonal : unsur hubungan lebih penting
    

⇘ Fungsi komunikasi massa menurut Dominik (2001)



           1. Surveillance (pengawasan)

Fungsi pengawasan komunikasi massa dibagi dalam bentuk utama :
a.  Pengawasan peringatan
   Fungsi pengawasan peringatan terjadi ketika media massa menginformasikan tentang ancaman dari angin topan, meletusnya gunung merapi, kondisi yang memprihatinkan, tayangan inflasi atau adanya serangan militer. Peringatan ini dengan serta merta dapat menjadi ancaman
b.  Pengawasan instrumental
    Fungsi pengawasan Instrumental adalah penyampaian atau penyebaran informasi yang memiliki kegunaan atau dapat membantu khalayak dalam kehidupan sehari-hari.

2.   Penafsiran
    Fungsi penafsiran hampir sama dengan fungsi pengawasan. Media massa tidak hanya memasok fakta dan data, tetapi juga memberikan penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting. Organisasi atau industri media memilih atau memutuskan peristiwa-peristiwa yang dimuat atau ditayangkan.

          3. Linkage (pertalian)
                                      

         Media massa dapat menyatukan anggota masyarakat yang               beragam, sehingga membantuk linkage (pertalian) berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu

          

          4. Transmission of Values (penyebaran nilai-nilai)
                
Fungsi ini juga disebut sosialitation (sosialisasi),  sosialisasi mengacu pada cara, dimana individu mengadopsi   perilaku dan nilai kelompok. Media massa yang mewakili    gambaran masyarakat itu ditonton, didengar, dan dibaca.  Media massa memperlihatkan kepada kita bagaimana mereka bertindak dan apa yang mereka harapkan.


         
         5. Entertainment (hiburan)


Beberapa stasiun televisi merupakan media massa yang mengutamakan sajian hiburan, begitu pun siaran radio. Demikian pula halnya dengan majalah. Berdasarkan hasil penelitian, siaran langsung olah raga yang ditayangkan televisi diminati paling banyak masyarakat.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Analisis Lagu

Analisa iklan